Senin, 06 April 2015

resep makanan - ayam kremes



Resep Makanan – Ayam kremes . Ketemu lagi nih setelah kemaren ngga updatae resep makanan buat aku publish. Maklum lah ada kegiatan yang ga bisa ditinggal nih. Oke, buat gantinya, kali ini bakal aku publish 1 lagi resep makanan yang masih pake bahgan dasar ayam. Sesuai judulnya ya, kali ini aku mau bagi bagi resep makanan ayam kremes.
Langsung aja deh, silahka
n pelajari ya resep makanan ayam kremes ini. Bagan yang dibutuhkan untuk mempraktekan resep makanan ini antara lain :
1 ekor ayam segar.
potong sesuai selera asal tapi sebelum dipotong cuci dulu ya..
 6 siung   Bawang merah 
½ sdk teh Jinten.
 3 siung bawang putih.
 1 sdk teh ketumbar (sangrai lalu haluskan)
 ½ sdk teh   Merica
1 sdk teh garam.
4 lembar  daun jeruk purut
 1  Lengkuas.
 1 buah Serai batang
 2 lembar  Daun salam.
 3sdk makan   kanji/tapioka
 ½  sdk makan Baking powder.
2 sdk makan Tepung beras 
 Minyak goreng sesuai kebutuhan .
Kalau udah kalian siapkan bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat resep makanan ayam kremes ini, lanjut deh ke tahap cara mengolah resep makanan diatass. Yuk simak terus :p
 Kita haluskan dulu Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar yang sudah disangrai, jinten, merica dan garamnya..
 1.Siapkan satu panci yang dalam dan beri air secukupnya untuk merebus atau mengungkep daging ayam kremesnya. Nyalakan kompor dengan api sedang saja.
 2.Masukkan semua bumbu yang sudah dihaluskan di atas beserta lengkuas yang sudah dimemarkan, daun salam, serai yang sudah dimemarkan juga dan daun salam. Aduk aduk supaya semua bahan tercampur dengan air dan meresap sempurna ke dalam dagingnya. Tunggu sampai ayam benar benar matang baru dimatikan.
3. Angkat dan tiriskan ayam sebentar lalu saring air kaldunya untuk membuat adonan kremesnya. Rebus kembali kaldu supaya agak hangat dan mudah dicampur dengan bahan adonan lain.
4. Ambil satu wadah agak besar. Masukkan tepung kanji, baking powder dan tepung berasnya untuk membuat adonan kremesnya.
 5.Aduk aduk supaya semua bahan tercampur rata lalu beri sedikit air upaya agak lembek.
 6.Masukkan larutan tepung diatas ke dalam kuah kaldunya dan aduk aduk supaya tercampur rata. Jangan terlalu kental dan agak encer saja. Tambahkan komposisi campuran tepung dan baking powder apabila diperlukan.
7. Langkah menggoreng pertama. Siapkan penggorengan dan beri minyak agak banyak. Masukkan ayam dan goreng sampai daging ayam kremesnya matang dan berwarna agak kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
 8.Masukkan adonan kremes sedikit saja ke dalam wajan penggorengan. Jangan terlalu banyak, kurang lebih satu sendok saja atau disesuaikan dengan besar kecilnya wajan yang digunakan lalu ditiriskan supaya sisa minyaknya hilang dan agak dingin.
 9.Ulangi sampai didapat jumlah kremes yang diinginkan lalu taburkan di atas daging ayam yang sudah digoeng terlebih dahulu.
10. Langkah penggorengan kedua. Masukkan bumbu kremesnya terlebih dahulu lalu masukkan daging ayamnya (bumbu kremes nanti akan menyelimuti daging ayamnya). Tunggu sampai ayam matang dang angkat.
11.Goreng sisa adonan kremes untuk ditambahkan dan ditaburkan di daging ayam nya.
Dan selesai deh, resep makanan ayam kremes udah kalian praktekan dan siap untuk dipamerkan tuh ke orang tua atau suami atau some one special kamu. Semoga pada suka ya sama hasil masakan kallian. Sampai bertemu di resep makanan berikutnya J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar