Jumat, 03 April 2015

resep makanan - opor ayam



Hay teman teman ku semua,apa kabar kalian ahrai ini? Pasti baik dong. Oh ya, di akhir minggu ini aku mau bagi bagi resep maakanan lagi nih. Resep maakanan yang kayaknya wajib kalian kuasai nih. Kaarena makanan ini akan menjadi sesperti wawjib di moment tertentu. Yaitu pas lebaran. Resep makanan apa yang aku maksud? Coba deh tebak . hehehe
Kali ini aku mau berbagi resep makanan opor ayam nih. Hayoo siapa yang suka opor ayam tunjuk jari J. Paasti sudah pada pernah makan opor ayam kan?nah daraipada Cuma bisa makanya aja,gimana kl aku ajarin cara bikinya. Biar kalo lebaran kalian bisa mempra
ktekan resesp makanan opor ayam ini dirumah. Langsung aja nih aku bagi resep makanan opor ayam sederhana.soal jumlah bumbu itu tidak baku ya, silahkan sesuaikan dengan selera masing masing. Atau juga sesuaikan dengan berapa banyak porsi opor ayam yang akan kamu masak.
1 ekor ayam kampung
 2 batang serai, memarkan
 2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis
3 ,5 sendok teh garam dapur
 1 sendok makan gula pasir
1.500 ml santan dari 1 butir kelapa

Bumbu Halus:

  8 butir bawang merah
  4 siung bawang putih
  5 butir kemiri, sangrai
  1 ,5 sendok teh ketumbar sangrai
  0,5 sendok teh jintan

Cara membuat Opor Ayam :

    Tumis bumbu halus sampai harum lalu Masukkan daun salam,kemudian masukan  serai, dan lengkuas. Semuanya Tumis sampai  bau haraum mulai menyengat. Kemudian Masukkan ayam jangan lupa Aduk sampai berubah warna.setelah itu Tuangkan santan, garam, dan gula pasir. Masak sambil diaduk sampai ayam matang dan empuk.dan opor ayam sederhana pun siap untuk disajikan untuk saantap makan keluarga.
Wah pasti bakal seneng tuh orang tua kalo dimasakin opor ayam sama anaknya J . oke sekian dulu ya bagi bagi resep makanan nya. Kita lanjut di resep makanan selanjutnya. Sampai juma semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar