Sabtu, 04 April 2015

resep makanan - rendang ayam special



Hai hai, sambil nge galau ngga malam mingguan karena ujan,mending kita belajar masak aja yuk. Mau bagi bagi resep makanan nih. Masih seputar ayam kok. Hehe (ceritanya demen banget nih sama makanan dengan bahan ayam).kali ini aku mau bagi bagi resep makanan membuat rendang ayam. Kalau biasanya sih rendang identik dengan sapi ya. Nah itu dia, kalo aku sih tiap resep makanan yang udah aku bisa,langsung deh dipikirin mau diolah jadi gimana, ya cari pembeda dikit lah. Sapa tau suatu saat jadi chef terkenal,atau jadi konsultan resep makanan. Ngarep and ngimpi boleh kan. Hehehe. Langsung aja deh daripada kelamaan ngimpinya, nih silahkan kalian coba resep makanan kali ini.

Bahan utama yang dibuutuhkan adalah :
1 ekor ayam ukuran sedang, sebelum diolah cuci dulu ayamnya sampai bersih sih.lalu tiriskan airnya, abis itu baru deh di potong potong terserah aja mau dibikin berapa.
 100 gram  Kentang (yang ini cuma pelengkap aja, bisa diganti sama apapun yang kalian suka)
 500 ml Santan (kental nih).
 1,25 ml Santan (encer)
 100 gram  Parutan buah kelapa untuk campuran kuah (Sangrai)
 2 pcs Serai yang diambil batang bagian putihnya yang dimemarkan.
 5 lembar Daun jeruk segar.
 2 pcs Asam kandis.
 2 lembar daun kunyit.
 12 siung Bawang merah.
 10 cabai merah besar (sesuai selera).
 10 Cabai rawit.(sesuai selera)
 5 siung Bawang putih
 2 sd teh Ketumbar
 Jahe
 Kunyit
 Gula merah yang sudah disisir tipis tipis.
 Merica sedikit saja (kurang lebih cuma butuh setengah sendok teh)
 Lengkuas ukuran sedang kurang
 1sd makan Garam dapur beryodium secukupnya

Resep makanan – rendang ayam

 Pertama tama,haluskan dulu semua bumbu,kemudian tumis.
 Haluskan cabai merah, cabai keriting, lengkuas, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, ketumbar, gula merah dan garamnya sampai benar benar halus.
 Siapkan satu wajan ukuran agak besar. Beri sedikit minyak dan masukkan bumbu rendang yang sudah dihaluskan diatas ke dalamnya. Aduk aduk sebentar sampai tercium bau harum.Masukkan santan encer yang sudah dipersiapkan sebelumnya ke dalam wajan tadi. Aduk aduk sampai tercampur dengan bumbu halusnya.Masukkan daun kunyit, asam kandis yang sudah dipersiapkan, daun jeruk yang sudah dibuang batang daunnya dan batang serai. Aduk aduk semua bahan sampai mendidih. Jangan sampai lupa mengaduk supaya santan tidak pecah.Masukkan daging ayam yang sudah dipotong potong sesuai selera. Kecilkan api dan aduk aduk supaya bumbu cepat meresap ke dalam ayamnya.Saat daging ayam sudah agak empuk, masukkan bahan bahan tambahan (kentang yang sudah dipotong potong, tahu atau yang lainnya). Aduk aduk lagi supaya semua bumbu meresap sempurna.Setelah bumbu rendang sudah agak menyusut, masukkan santan kental dan kelapa parutnya. Aduk aduk lagi supaya semua bahan tercampur sempurna.Cicipi dulu masakan rendang ayamnya. Kalau kurang gurih, bisa ditambahkan garam dapur sesuai selera. Masal lagi sampai agak kering.
Nah gimana, cukup mudah kan resep makanan kali ini? So pasti, nyampeinya aja sesantai ini jadi moga moga jadi lebih mudah buat dipahamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar